Bojonegoro,MemoTerkini.com- Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah mencairkan Desa (DD) Tahap I tahun 2023. Proses pencairan pun kini lebih mudah karena melalui portal yang terintegrasi melalui sistem.

Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin menjelaskan, dengan adanya SIAP Desa, pemdes maupun masyarakat umum dapat melihat proses pencairan DD melalui https://siapdesa.bojonegorokab.go.id/ pada menu Proposal Dana Transfer. Di sana, proses bisa dilihat langsung dengan mudah dan cepat.

“Kami membuat terobosan melalui . Kecepatan prosesnya bisa dilihat di sana. Jika ada kekurangan pun bisa dilihat langsung dari notifikasi sehingga dari kecamatan/desa bisa langsung merevisi. Semua melalui sistem ini untuk memudahkan desa,” jelasnya Selasa (11/4/2023).

Adapun berdasarkan DPMD Kabupaten Bojonegoro, total 338 desa dari 419 desa telah melakukan pencairan DD Tahap I. Sementara desa yang belum mengajukan proposal ada 7 (tujuh) desa. Sebanyak 74 desa masih proses verifikasi baik dari DPMD, kecamatan, maupun BPKAD. Untuk batas pengajuan, paling cepat pada Januari dan paling lambat Juni. Desa sendiri pendanaannya melalui APBN.

Pihak DPMD, lanjut Machmuddin, menekankan agar pemerintah desa yang belum untuk segera mengirimkan kelengkapan. Untuk yang masih proses verifikasi juga segera dicukupi sesuai dengan apa yang diverifikasi. Karena sekarang sudah by system sehingga desa tidak perlu lagi bolak-balik untuk mengurus DD. (*)