Palu, Sulawesi Tengah, 20/11/2023 – Personel Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) , Bripka Muh. Asrum, , M.H., turut aktif dalam upaya pencegahan bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi di lingkungan sekolah. Pada hari Senin, 20 November 2023, Bripka Muh. Asrum menyampaikan materi yang sangat bermanfaat kepada adik-adik siswa dan siswi di SD Negeri 15 Kota Palu.

Dalam sesi edukasi yang diadakan di aula sekolah, Bripka Muh. Asrum membawakan materi dengan judul “Upaya Pencegahan Bullying, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi di Sekolah Dasar Kota Palu.” Materi ini dirancang khusus untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai bentuk pelecehan, kekerasan, dan intoleransi yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah.

Pada awal presentasinya, Bripka Muh. Asrum menyampaikan salam hangat dan rasa hormat kepada seluruh guru, siswa, dan staf sekolah. Beliau kemudian menjelaskan pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan bebas dari perilaku negatif seperti bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi.

Salah satu fokus utama dari presentasi tersebut adalah pencegahan bullying. Bripka Muh. Asrum menjelaskan kepada siswa tentang arti dan dampak dari tindakan bullying, serta bagaimana mereka dapat menjadi agen perubahan positif di lingkungan sekolah. Beliau menekankan pentingnya menghormati perbedaan, menjaga sikap empati, dan melaporkan segala bentuk intimidasi kepada guru atau pihak berwenang.

Selanjutnya, Bripka Muh. Asrum juga memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kekerasan seksual dan intoleransi. Ia menjelaskan tanda-tanda awal, dampak psikologis, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri dan teman-teman mereka. Materi ini diadaptasi agar sesuai dengan pemahaman dan tingkat usia siswa SD.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari siswa dan guru SD Negeri 15 Kota Palu. Banyak siswa yang aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan antusiasme mereka untuk memahami dan mengatasi permasalahan sosial yang serius ini. Guru-guru pun mengapresiasi inisiatif Bripka Muh. Asrum dalam memberikan edukasi yang bermanfaat dan relevan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kepala SD Negeri 15 Kota Palu, Ibu Rosni, S.Pd., menyampaikan terima kasih atas kontribusi Bripka Muh. Asrum dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya keamanan dan kesejahteraan di sekolah. Beliau berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung perkembangan positif bagi para siswa.

Dengan keberhasilan kegiatan ini, diharapkan semakin banyak personel PPA atau lembaga terkait yang terlibat dalam upaya serupa untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bebas dari bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.(Red)