KELIKGO.COM – Pengguna yang ingin berkunjung ke kini sudah bisa menikmati interkoneksi QR Code antara dan melalui tersebut.

“Kalau misalnya kita mau ke luar negeri, tukar uang. Pulangnya uang lebihnya balikin lagi. Apalagi ada receh-recehnya. Sekarang sudah bisa pakai QR . Jadi nggak perlu tukar uang, tinggal bayar pakai QR saja,” ungkap Chief Executive Officer Vince Iswana saat dijumpai di Jakarta Selatan, Kamis.

Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara sendiri sudah dimulai dengan resmi diimplementasikan oleh Bank (BI) dan Bank of (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Interkoneksi QR Code antar dan ini diharapkan dapat menggerakkan transaksi lebih tinggi lagi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan .

“Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bank kepada , sebagai dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border,” jelas Vince.

“Implementasi ini selaras dengan visi yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi sebagaimana prioritas strategis Pemerintah dan Blueprint Sistem Pembayaran 2025 yang disusun oleh Bank ,” tambahnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, inisiatif ini juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan .

Selain , Vince juga mengungkapkan akan ada negara-negara lainnya yang dapat menggunakan QR Cross Border ini. Kendati demikian, dia masih belum menyebutkan secara detail negara mana saja dan kapan hal tersebut dapat direalisasikan.

Lebih lanjut, pengguna yang melakukan perjalanan ke , saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui .

Begitu pula turis yang datang ke dan berbelanja di merchant , tentu mereka dapat melakukan pembayaran di merchant melalui pembayaran miliknya.

“Selama ini peningkatan adopsi selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” pungkas Vince.