Gresik, MemoTerkini.com – New Comer (Pendatang Baru) calon legislatif DRPD Gresik diperkirakan akan muncul di setiap daerah pilihan (dapil) dari 9 dapil yang ada di kabupaten Gresik. Hal ini disampaikan oleh ketua peneliti IRC (Indo Riset anda Consultan) Muhammad Faizin, S.Pd, MM., CRP., saat diskusi ringan bersama Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) (MOI) Kabupaten Gresik di salah satu rumah makan di Cerme pada hari Jumat (9/2/2024).

“dari 9 dapil yang ada, rata-rata muncul pendatang baru yang diprediksi bisa mulus melenggang ke gedung dewan,” ucap pria yang akrab disapa Cak Faizin.

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan yang diambil secara acak dengan random sampling bertingkat periode 30 Januari – 5 Februari 2024 dengan tingkat kepercayaan 92% dan margin of error 3 – 4 %.

Lebih lanjut, mantan ketua GP Ansor Gresik itu juga menjelaskan fenomena new Comer ini pada dua kriteria, yaitu new Comer dari partai yang sama yang berpotensi menggantikan incumbent dan new Comer dari partai baru dengan kursi baru.

“Misalnya di dapil 3, new Comer berpeluang menggantikan incumbent dalam satu partai, sedangkan di dapil 2, new Comer dari partai yang sebelumnya tidak dapat kursi di dapil tersebut berpeluang masuk gedung dewan”, jelasnya.

Secara umum, calon Doktor itu menjelaskan bahwa partai yang lolos ke Gedung DPRD Gresik masih didominasi oleh partai-partai sebelumnya yaitu PKB, Gerindra, Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP dan PAN.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Seperti sebelumnya, 8 parpol tersebut diprediksi tetap melenggang ke gedung dewan, hanya saja komposisinya ada perubahan,” pungkas Cak Faizin serius.

Tak lupa, Pada momen yang bertepatan dengan hari pers nasional (HPN) 2024 ini, pria yang pernah menjadi anggota KPU dan Panwaslu itu juga mengucapkan selamat dam sukses kepada insan pers sambil menyampaikan beberapa pandangan sosial politik yang ada di Kabupaten Gresik khususnya terkait pemilihan umum (Pemilu) legislatif. (Red)