Madiun,Memoterkini.com – Dalam atmosfer yang penuh dengan nuansa keindahan dan kearifan lokal, seni Karawitan telah menjadi sarana ekspresi yang luar biasa bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim. Setiap sentuhan nada, irama, dan harmoni telah menjadi jembatan bagi narapidana untuk mengekspresikan diri dan menemukan kedamaian, bertempat di Bimker Lapas I Madiun, Rabu (28/02).

Di Lapas I Madiun, Seni Karawitan Reksolaras Lapas I Madiun bukan hanya sebuah pertunjukan, tetapi juga menjadi wadah yang memungkinkan bagi Warga Binaan untuk terhubung dengan kearifan lokal dan memeluk warisan budaya leluhur mereka. Para Warga Binaan yang terlibat dalam kelompok Karawitan belajar tidak hanya memainkan alat musik tradisional, seperti gamelan, tetapi juga memahami makna dan filosofi di balik setiap nada yang dihasilkan. Mereka belajar untuk menghargai kebersamaan, kerja tim, dan keselarasan yang diwujudkan melalui alunan nada yang mereka hasilkan bersama.

Melalui Karawitan, warga binaan menemukan saluran untuk menyampaikan cerita mereka, meluapkan emosi, serta mengekspresikan harapan akan masa depan yang lebih baik. Apresiasi terhadap seni dan keindahan musik tradisional telah membantu mengubah pandangan terhadap narapidana, menyoroti potensi mereka sebagai individu yang dapat berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di luar penjara.

Kalapas I Madiun, Kadek Anton Budiharta menyatakan “Kreativitas pembelajaran dalam seni karawitan bukan hanya memecah penderitaan, tetapi juga membangun jembatan empati di antara mereka dan masyarakat. Melalui seni, mereka menunjukkan bahwa pembelajaran dan pertumbuhan bisa terjadi di manapun, bahkan di dalam lapas,” Ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono juga menyampaikan dalam suasana yang seringkali terasa terbatas, Karawitan di Lapas I Madiun menjadi cermin bahwa seni tidak mengenal batasan dan dapat menjadi sarana pemulihan dan penyaluran bakat bagi siapa pun, bahkan di lingkungan yang paling tidak terduga sekalipun.
(YT/Ar)