Lamongan, Memoterkini.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jatim Dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-60, Lapas Kelas IIB Lamongan menggelar kegiatan Pembersihan MCK dan Drainase lingkungan Lapas, Jum’at (19/04).

Kegiatan ini dihadiri Kasie Binadikgiatja, Kasubsie Perawatan, Staff KPLP, Kamtib dan diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Lamongan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu menciptakan lingkungan yang bersih serta mencegah timbulnya bibit-bibit penyakit yang timbul akibat tersumbatnya saluran air serta lingkungan yang kotor.
Warnai HBP Ke-60 Lapas Lamongan Gelar Kegiatan Pembersihan MCK dan Drainase Lingkungan Lapas

Kegiatan diawali dengan pembersihan kamar mandi dan toilet, kemudian dilanjutkan dengan pembersihan saluran air. Tujuannya agar saluran air yang menyambung ke kamar mandi dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada yang tersumbat. Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan tempat sampah dan pembersihan rumput sekeliling kantor maupun di daerah hunian WBP, agar mencegah peredaran nyamuk maupun bibit- bibit penyakit lain yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi Petugas maupun WBP.

Kepala Lapas (Kalapas) Lamongan, Mahrus, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting dari program Pemasyarakatan Sehat yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi para narapidana. “Kegiatan bersih-bersih lingkungan, MCK, dan drainase ini tidak hanya membawa manfaat langsung bagi kesejahteraan narapidana, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi semua yang berada di dalam Lapas,” ujar Mahrus

Selain dapat menanamkan perilaku hidup bersih kepada WBP Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta lingkungan Lapas yang bersih dan Sehat.
(Heri cs)