Surabaya, Memoterkini.com – Kalapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim, menghadiri pengarahan dan penguatan komitmen pelaksanaan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur, Jumat(26/4). Kegiatan ini berlangsung di Aula kantor Kanwil Kemenkumham Jatim dihadiri oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia dan berbagai pejabat terkait di lingkungan Kemenkumham Jatim.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam mengimplementasikan nilai-nilai hak asasi manusia dalam setiap aspek pengelolaan. Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Dhahana , dalam sambutannya, menjelaskan bahwa untuk menyelenggarakan P5HAM, perlu keterlibatan seluruh stakeholder. Untuk itu, pihaknya juga menggandeng kementerian terkait seperti Kemendagri untuk mendorong pemerintah daerah dalam P5HAM. “Ketika pemda bergerak, maka kampanye kita untuk menyemarakkan HAM bisa semakin masif dan menjadi agenda publik yang strategis,”

Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta menyampaikan komitmennya untuk terus menerapkan dan mengembangkan program-program yang sudah berjalan serta menciptakan inovasi baru yang sejalan dengan prinsip-prinsip HAM. “Kami sangat mendukung inisiatif ini dan siap bekerja sama dengan semua stakeholder untuk memastikan bahwa lingkungan pemasyarakatan kita lebih adil dan sesuai prinsip P5HAM,” ujarnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tukar pikiran mengenai tantangan yang dihadapi dalam implementasi P2HAM di lapangan dan pencarian solusi praktis yang dapat diaplikasikan secara efektif

Dalam penyelenggarakan P5HAM, perlu keterlibatan seluruh stakeholder. “Ketika pemda bergerak, maka kampanye kita untuk menyemarakkan HAM bisa semakin masif dan menjadi agenda publik yang strategis,”
(YT/Ar)