, memoterkini – Bertempat di Markas simpang lima Gumul . Sejumlah jurnalis dari berbagai baik cetak maupun se Raya berkumpul dalam acara halal bihalal dengan agenda ngompol ( ngomong politik ) santai, sekaligus Halal Bihalal, (4/05/24).

Acara sederhana tapi mengena itu dihadiri oleh para insan dari berbagai perkumpulan. Seperti IWO. PWI.PJI cabang . Dan komunitas masyarakat .
Dalam menyikapi persiapan menuju pilkada mendatang, insan pers Raya mengungkapkan keperihatinan mereka terhadap potensi “pertarungan melawan bumbung kosong lagi ” seperti pada pilkada 2019 lalu. Kondisi tersebut merujuk pada upaya menghadapi konflik politik yang tidak fair dan transparan, dimana kepentingan kelompok tertentu cenderung mendominasi proses politik lokal.

“Bumbung Kosong menjadi cerminan dan permasalahan yang ada dalam sistem politik kita” kata salah satu jurnalis senior yang juga pengurus PWI yang biasa disapa pakde Panggah.
“Ini adalah tantangan serius bagi demokrasi lokal karena dimana pemilihan pemimpin harus didasarkan pada keinginan dan kepentingan rakyat, bukan manipulasi politik atau intervensi dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab ”

Menyikapi hal ini, insan Raya menegaskan pentingnya peran dalam memantau dan melaporkan setiap perkembangan terkait Pilkada, serta mengedukasi masyarakat tentang hak – hak mereka dalam proses demokrasi. Mereka juga menghimbau semua pihak untuk bersikap adil dan bertanggung jawab dalam menjaga integritas pilkada, demi terwujudnya pemerintahan yang bersih dan akuntabel untuk kepentingan bersama.

( Nurni. Kdr )