BOJONEGORO,Memoterkini.com – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro, Pelda Yepri Irawan, bersama puluhan Mahasiswa KKN dari Universitas Brawijaya, mendampingi petugas kesehatan melaksanakan kegiatan Posyandu Balita Qolbu, Jum'at (7/7/2023).

Sebanyak 14 Mahasiswa KKN dari Universitas Brawijaya turut dalam kegiatan yang dilangsungkan di Pondok Bersalin Desa (Polindes) Desa Sendangagung. Kegiatan tersebut, merupakan program dalam rangka Mahasiswa Membangun Desa (MMD) tahun 2023. Selain Babinsa, kegiatan ini juga dihadiri Perangkat Desa dan Bidan Desa beserta para kader PKK Desa Sendangagung.

Dalam kegiatan Posyandu tersebut, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pemberian imunisasi BCG, DPT, Polio, Campak, IPV dan ICV terhadap 45 balita. Selain itu juga dilaksanakan pemantauan tumbuh kembang balita, sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini.

Diungkapkan oleh Pelda Yepri Irawan, pendampingan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat. Menurut dia, kegiatan Posyandu ini sangat penting dilaksanakan diwilayah, dalam rangka memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Dia juga berharap, dengan adanya Posyandu ini mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah baik tentang kesehatan balita maupun menekan angka kematian. “Semoga terwujud balita yang sehat dan kuat, karena balita merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan menggantikan generasi tua,” kata Pelda Yepri Irawan.

Ditempat yang sama, Bidan Desa Sendangagung, Srimawardi, mengatakan bahwa peran aktif Babinsa dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu khususnya Posyandu balita ini sangat positif. Karena bisa mengajak, dan memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang mempunyai balita untuk memeriksakan anaknya secara rutin dan berkala. “Sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa terpantau. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa yang sudah ikut aktif membantu setiap kegiatan Posyandu,” ucapnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Jauza Afraa Fadhillah, salah satu Mahasiswa KKN, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa Sendangagung dan TNI Koramil 0813-09/Sumberrejo atas sinergitas dalam kegiatan Posyandu balita yang berjalan tertib dan lancar, sehingga para Mahasiswa bisa ikut membantu para kader dan ibu-ibu untuk memeriksakan balitanya.

“Meski tidak semua balita dapat mengikuti kegiatan ini, namun sudah banyak anak yang sudah dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan juga diberikan imunisasi. Semoga anak-anak menjadi lebih sehat, dan kedepannya semoga kegiatan ini rutin diadakan,” pungkasnya.(pen/red)