Tuban – memoterkini.com-Sekitar 1562 calon warga akan mengikuti pengesahan sebagai warga baru Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Tuban malam ini, Untuk menjamin situasi Kamtibmas Kabupaten Tuban tetap kondusif dalam kegiatan tersebut Kepolisian Resor Tuban gelar apel kesiapan pengamanan.

Gelar Apel Gabungan,Polres Tuban Siap Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT Malam Ini
Foto Gelar Apel Gabungan,Polres Tuban Siap Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT Malam Ini (Google Images)

Apel kesiapan pengamanan pengesahan warga baru PSHT tersebut digelar di Mapolres setempat dipimpin oleh Tuban AKBP Suryono, S.H., S.I.K., M.H., yang melibatkan 591 personel Polres Tuban dibantu 1 Kompi BKO Brimob Polda , TNI dari Kodim 0811, Kompi 521, Dinas perhubungan, Satpol PP Kabupaten Tuban serta melibatkan Pengamanan Terate (Pamter), Kamis (20/07/23) sore.

AKBP Suryono dalam pengamanan kegiatan rutin tahunan itu pihaknya berharap tidak ada kejadian gesekan sekecil apapun baik antar kelompok perguruan silat maupun dengan masyarakat di wilayah kabupaten Tuban.

“Kita selaku aparatur negara, kita wakil dari negara harus hadir ditengah-tengah kegiatan masyarakat” Ucapnya.

Gelar Apel Gabungan,Polres Tuban Siap Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT Malam Ini
Foto Gelar Apel Gabungan,Polres Tuban Siap Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT Malam Ini (Google Images)

Orang nomor satu di Polres Tuban itu mengingatkan kepada personel Kepolisian maupun TNI yang akan melaksanakan pengamanan agar jangan sampai ada yang membawa senjata api “Tidak ada yang membawa senjata api, karena ini yang diamankan adalah adik-adik kita” tegasnya.

Kepada Pengamanan Terate, mantan Madiun kota itu menekan untuk menghindari gesekan dengan aparat agar berperan aktif untuk membantu TNI di lokasi penyekatan dalam memberikan himbauan dan mengarahkan untuk kembali jika ada rombongan massa penggembira yang akan menuju lokasi pengesahan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Saya berharap rekan-rekan yang tampil didepan, Karena saudara yang diberikan amanah menjadi Pamter harus berperan betul ketika nanti melakukan penyekatan” harap Suryono

Dalam kesempatan itu Tuban mengingatkan kembali kepada seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan agar memahami tugas wewenang serta tanggung jawab masing-masing saat berada di lokasi pengamanan, Suryono menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dan mencapai kesepakatan dengan panitia pengesahan warga baru PSHT bahwa warga yang akan di sahkan pada malam hari ini semuanya menggunakan roda empat.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung di padepokan tersebut, Tuban berharap tidak ada massa penggembira yang datang ke lokasi kecuali yang akan di sahkan dan pendamping, ia kembali menegaskan bahwa peran Pamter yang akan dikedepankan.

“Jika ada massa penggembira yang masuk ke wilayah Tuban, himbau dengan baik-baik agar kembali ke wilayah masing-masing” jelasnya.

Untuk mematangkan strategi penyekatan dan pengamanan kegiatan malam ini usai pelaksanaan apel dilanjutkan kembali dengan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) oleh Kabagops Polres Tuban bersama masing-masing perwira pengendali. (Mt)