Gresik : memoterkini.com ~ Pemerintah Negara Kesatuan Republik (NKRI) beserta masyarakat di seluruh wilayah serentak bersuka cita untuk merayakan hari kemerdekaan RI tepatnya 17 Agustus 1945, hal tersebut dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dan berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah.

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 Pemerintahan Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Minggu tgl 20/08/2023 mengadakan Pawai Kirab Budaya Karnaval untuk mengenang jasa para pahlawan, yang di ikuti oleh seluruh sekitar 15 RT terdiri dari 3 dusun yang ada di desa Pacuh yang selalu di adakan setiap tahunnya.

Kirab Budaya Karnaval yang tepat di mulai pukul 10.00 WIB, dihadiri Camat Balongpanggang Moh.Amri, S SiT dan Ibu, Kepala Desa Pacuh Imron Hamzah beserta perangkat dan jajarannya juga sebagai peserta.

Acara di buka oleh Panitia dengan bacaan Al-fatihah dilanjutkan sambutan oleh Camat Balongpanggang Moh.Amri, S.SiT dan ditutup doa oleh ketua BPD ustadz Heri .
Bapak Camat Balongpanggang Moh.Amri yang membuka sekaligus melepas keberangkatan peserta Karnaval, yang di awali Kepala Desa dan perangkatnya, selanjutnya untuk peserta lain dan seterusnya di berangkatkan oleh BPD desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang.

Berbagai macam ragam budaya dan pakaian adat yang di tampilkan oleh para peserta misal Adat Dayak, adat Jawa, , adat Papua, Kerajaan Padjajaran dengan Prabu Siliwangi.
Itupun di tambah dengan berbagai macam pernak pernik boneka atau Patung beraneka ragam dan rupa sehingga menambah meriah dan semaraknya festival karnaval tersebut.

Heboh Dan Serunya Kirab Budaya Karnaval Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang.
Foto Heboh Dan Serunya Kirab Budaya Karnaval Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang. (Google Images)

Seperti penuturan Moh.Rasim Ketua RT 11 RW 05 dusun Gadel yang menampilkan adat dan budaya Dayak, bahwa tahun ini untuk persiapan dan bikin patung Orang Dayak secara swadaya warganya selama 2 Minggu lebih dikerjakan setiap malam secara juga bergantian juga makanan dan minuman yang selalu di siapkan warganya dengan senang hati. Demikian juga di setiap RT lainnya saling berlomba lomba membuat berbagai macam ornamen patung adat juga berbagai hewan, dan ini sangat menyemarakkan dan menyenangkan buat warga dusun sekaligus untuk sosialisasi dengan warga lain yang ada di desa Pacuh.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Saat di temui di tengah lokasi Karnaval Kepala Desa Pacuh Imron Hamzah, mengatakan bahwa peserta tahun ini semakin banyak dari tahun kemarin bahkan sekarang kreativitas dan tema yang di pilih semakin beragam sehingga bisa menghibur warga yang antusias menyaksikan di sepanjang jalan utama dari dusun Pacuh sampe berakhir di Lapangan bola dusun Gadel, ” ungkapnya.”

Titik kumpul peserta karnaval di tempatkan di sepanjang jalan desa Pacuh yang sudah diatur dan di tempatkan pesertanya oleh Panitia. Bahkan peserta banyak yang sudah mengirimkan berbagai pernak pernik untuk karnaval malam harinya. Arah dan alur peserta karnaval mengikuti jalur utama desa Pacuh melewati dusun Gridi dan berakhir d Lapangan bola dusun Gadel berlangsung meriah dan menghibur masyarakat di sepanjang jalur masyarakat memadati untuk melihat dan mengabadikan kirab budaya yang diadakan setahun sekali.

( Eric'z ).