Bojonegoro,memoterkini – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, mengirimkan sebanyak 12 personel Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro) dan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) untuk mengikuti lomba ketangkasan Menwa se- yang diselenggarakan oleh Pangdam V Brawijaya.

Adapun lomba ketangkasan dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 ini meliputi Halang Rintang, Renang Dasar Militer dan menembak. Perlombaan yang diikuti lebih kurang 40 kontingen Menwa se- tersebut secara resmi akan dibuka langsung oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., pada Jum'at 24 November 2023 dilapangan Rindam V Brawijaya Kota .

Dikonfirmasi, Kamis (23/11/2023), Bati Wanwil Staf Teritorial Kodim 0813 Bojonegoro, Serma Ervan Mei Cahyo Romadlianto, menyatakan bahwa Kodim 0813 Bojonegoro memberikan dukungan penuh kepada Menwa Kampus Unigoro dan Unugiri Bojonegoro untuk meraih prestasi dalam lomba ketangkasan Menwa se- .

Menurutnya, Menwa merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa), dan juga komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Resimen Mahasiswa atau Menwa tersebut merupakan salah satu kekuatan sipil, yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik (NKRI) sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

“Sehingga dengan adanya lomba ketangkasan ini diharapkan dapat menanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para mahasiswa dalam memperingati Hari Pahlawan. Dan tentunya juga perlombaan ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan semangat juang serta prestasi bagi mahasiswa,” pungkas Serma Ervan Mei Cahyo Romadlianto.(Pen/Red)

Scroll Untuk Lanjut Membaca