Kubu Raya, Kamis (23/11/2023) – Mewakili Pangdam XII/Tanjungpura, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Yufti Senjaya, , , bersama Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol. Roma Hutajulu, S.I.K., , pimpin Apel Gelar pasukan Pengamanan VVIP Kerja RI di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Apel gelar pasukan dilaksanakan di Lapangan Tidayu Makodam XII/Tpr.

Peserta apel gelar pasukan terdiri dari unsur TNI, dan Pemerintah Daerah serta Instansi terkait lainnya.

Kasdam XII/Tpr selaku pimpinan apel gelar pasukan dalam amanatnya menyampaikan, kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 24 November 2023, direncanakan RI akan melaksanakan kerja ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu adanya persiapan yang baik, guna mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, maka perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat sehingga setiap permasalahan dapat diatasi secara cepat, tepat dan tuntas.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan dari masing-masing Satgas Gabungan Terpadu maupun Subsatgas pengamanan secara keseluruhan baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya.

Sebelum mengakhiri amanat, guna keberhasilan pelaksanaan tugas Kasdam XII/Tpr berharap kepada masing-masing Komandan Subsatgas yang sudah ditunjuk dapat mengorganisir kekuatannya dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan terperinci kepada anggota serta mampu mengendalikan situasi dan kondisi dalam pelaksanaannya.

Ditegaskan kembali oleh Kasdam XII/Tpr kepada seluruh personel yang terlibat, agar memahami sasaran yang akan dikunjungi dan yakinkan kegiatan harus aman, baik sebelum, selama maupun sesudah di wilayah Prov. Kalbar,” ujar Kasdam XII/Tpr.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sedangkan Wakapolda Kalbar menyampaikan, pedomani dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, laksanakan sesuai dengan prosedur di tiap sektor masing-masing, serta konsisten dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diemban.

Selanjutnya, tingkatkan kewaspadaan dalam kesiapsiagaan yang tinggi, mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan. Jalin partnership, sinergitas, kolaborasi dan soliditas dengan seluruh pihak.

“Mari bersama-sama kita amankan RI, kita tunjukan bahwa Kalimantan Barat merupakan Destinasi yang aman dan nyaman, sehingga membawa harum nama Kalimantan Barat di mata Nasional maupun ,” ujarnya. (Pen/Red)