Kalianda, – Dalam Rangka peningkatan Kinerja dan Kualitas untuk Petugas petugas Kesehatan Hewan dan Ensiminator Dinas Kabupaten , Mengadakan Pelatihan Teknis dan Peningkatan Kompetensi bagi para petugas Ensiminasi dan kesehatan hewan, juga penandatanganan perjanjian kerjasama (MOu) antara Disnak lamsel dan BBPKH Cinagara dalam rangka pelaksanaan pelatihan dan ujian kompetensi tersebut, pada Senin 4/12/2023.

Acara yang dipusatkan di gedung aula Dinas itu dibuka Oleh Kadis kabupaten Ir.Rini Ariasih.M.M, yang juga di hadiri langsung Oleh kepala BBPKH Cinagara Dr. Wasis Sarjono S.Pt., M.Si dan Kabid koordinator program dan kerja sama Bp. Afandi beserta team Trainer yang tergabung dalam team pemateri dan Penguji.

Pelatihan akan belangsung selama enam hari itu ( 4 -9 des 2023) di ikuti oleh 60 orang peserta yang merupakan petugas kesehatan hewan dan petugas Kawin suntik (Ensiminator) Hewan yang berada di 12 UPT Dinas di .

Dalam sambutan nya Kepala Dinas kabupaten menyampaikan akan penting nya pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut, karena saat ini memiliki petugas kesehatan hewan yang sangat terbatas, sementara dalam hal penanganan penyakit pada hewan ternak haruslah ada sumberdaya yang kompeten yang mempunyai kapasitas yang sesuai dan ada legalitasnya.

Untuk informasi saat ini kabupaten nomor tiga di provinsi lampung terbanyak populasi ternak nya, baik berupa Sapi, dan unggas, sehingga bisa dikatakan sebagai Lumbung ternaknya Provinsi Lampung, sehingga kontribusi untuk kebutuhan daging dan telur di Provinsi lampung cukup besar Jelas Rini

Selain mengikuti pelatihan peserta juga akan mengikuti Ujian tes kompetensi dimana nanti yang lulus Ujian nya secara otomatis akan mendapatkan Sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan setelah punya sertificat petugas bisa diUpgrade menjadi paramedik veteriner yaitu petugas yang bukan saja menjadi petugas Ensiminasi sapi akan tetapi juga bisa menjadi tenaga Kesehatan untuk Hewan ternak dan Hewan peliharaan yang sakit, disamping itu juga nanti peserta yang lulus kompetensi, akan dibantu untuk segera di terbitkan Surat Ijin Praktek paramedik ( SIPP) , jadi sudah bisa ngobati hewan yang sakit nanti,”tutup Rini.(red)

Scroll Untuk Lanjut Membaca