Bojonegoro,memoterkini – Serangkaian kegiatan bakti sosial digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, , menjelang peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) ke- 78 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 75 Kodam V Brawijaya tahun 2023. Kegiatan tersebut mengusung tema ‘TNI Angkatan Darat Maju Bersama Rakyat'.

Seperti halnya yang dilakukan pada hari ini, Rabu (13/12/2023) bertempat di Gedung Ahmad Yani Markas Kodim 0813 Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan taliasih kepada puluhan anak yatim, dan berupa sembako terhadap Warakawuri dan Veteran.

Koordinator kegiatan, Lettu Kav Sujirman, menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan para Veteran, Warakawuri dan anak-anak yatim dari Panti Asuhan Muslimat NU Nurur Rohmah dalam acara tersebut. Kodim 0813 Bojonegoro akan terus menjalin dan mempererat tali silaturahmi dengan para senior dan sesepuh yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Dan kami pun siap meneruskan perjuangan para senior, dan pendahu kami. Jangan dilihat dari besar kecilnya santunan yang kami berikan, yang terpenting adalah makna dari silaturahmi ini,” ucapnya.

Kegiatan bakti sosial santunan ini, merupakan wujud kepedulian TNI terhadap para Veteran pejuang Republik yang telah berjasa kepada negara dan bangsa. “Tujuanya agar TNI senantiasa bersosialisasi dengan masyarakat, dan tetap bersama rakyat dalam melaksanakan tugasnya,” kata Lettu Kav Sujirman.

Sementara itu, Full Timer (Perwakilan Pengasuh) Panti Asuhan Muslimat NU Nurur Rohmah, M. Abul Khoir, menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi dan perhatian yang sudah diberikan oleh jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro. “Semoga kedepanya Kodim 0813 Bojonegoro selalu memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Bojonegoro, dan tentunya selalu bersinergi juga,” pungkasnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sebagai informasi, Hari Juang TNI Angkatan Darat yang diperingati setiap tanggal 15 Desember ini bertolak dari peristiwa Ambarawa (Palagan Ambarawa) tanggal 15 Desember 1945. Sedangkan Hari Jadi Kodam V Brawijaya diperingati setiap tanggal 17 Desember.

Pada tanggal 17 Desember 1948 dibentuk TNI Divisi I , hasil penggabungan dari tiga Divisi yakni Divisi Ronggolawe, Divisi Narotama dan Divisi Soeropati. Peringatan kedua Hari Besar ini diperingati setiap tahun dengan beberapa rangkaian kegiatan, dan puncaknya digelar Sarasehan di Pendopo Agung Trowulan, Mojokerto.(Pen/Red)