Pontianak Kalbar,- Untuk memastikan kesiapan petugas dan peralatan dalam mengamankan pasokan listrik jelang perayaan natal dan tahun baru, PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat melakukan gelar pasukan dan peralatan untuk kesiapan Siaga Nataru di halaman PLN UP3 Pontianak, pada Hari Rabu tanggal 13 Desember 2023.

Sebanyak 1250 Petugas Layanan Teknik (Yantek) diturunkan dalam apel siaga tersebut dengan peralatan dan APD lengkap.

“Kami siap menghadirkan listrik yang andal dan aman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama perayaan natal dan menyambut tahun baru 2024 mendatang,” ujar Senior Manager PLN UID Kalbar, Sumarsono.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan identifikasi pada titik-titik yang perlu dijaga pasokan listriknya selama natal dan tahun baru.

“Untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru, kami sudah mengidentifikasi, menyiapkan titik-titik lokasi yang perlu kita amankan, khususnya gereja-gereja besar yang ada di Kalimantan Barat,” ujar Sumarsono.

Diakuinya, saat ini PLN memiliki pasokan daya listrik sebesar 633 Mega Watt (MW), sementara estimasi beban puncak atau daya listrik yang terpakai sebesar 414 MW.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sumarsono menyampaikan dengan ketersediaan listrik yang cukup selama Natal, warga dapat beribadah dengan nyaman dan berlibur dengan tenang.

“Dengan cadangan listrik daya mampu sebesar 219 MW, dan sistem kelistrikan yang kondusif, kami siap melayani kebutuhan listrik saudara-saudara kita yang akan menjalankan aktivitas ibadah selama natal dan tahun baru,” imbuh Sumarsono.

Sumarsono juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik PLN karena dapat berpotensi menyebabkan listrik padam dan rusaknya instalasi listrik lainnya. Jika terjadi gangguan listrik, maka proses perbaikan dan pemulihannya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan Masyarakat.

Dia juga menyampaikan, terkait layanan gangguan dan keluhan, Pelanggan dapat menghubungi Petugas PLN melalui PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123.(Red)