Sanggau,memoterkini – Kodim 1204 / Sanggau melaksanakan upacara Dalam rangka memperingati Hari juang Kartika ke 78 tahun 2023 yang berlangsung di lapangan upacara Makodim 1204 / Sanggau Jalan psadi no 1 kelurahan Tanjung Kapuas kecamatan Kapuas kabupaten Sanggau.Jumat (15/12/2023)

Dalam memperingati Hari juang kartika ke 78 tahun 2023 ini bertindak sebagai inspektur upacara (irup)Danramil Entikong Mayor Arm Dulloh dengan mengangkat tema ” TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc. yang di bacakan oleh irup “Selamat Hari Juang TNI AD ke- 78 tahun 2023 “kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdianya selama ini.

Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa . Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberanianya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan.Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua.

Hari Juang TNI AD kali ini, mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuanya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.
“Kemanunggalan TNI AD – Rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.

Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, lanjut Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuanya baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, kita juga harus beroeran aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggungjawab bersama, termasuk TNI AD.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Menurut Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc., bahwa TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan , restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu, dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

“Mari kita bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan yaitu menjadikan sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI,” ujarnya.

Diakhir amanatnya, Kepala Staf Angkatan Darat, menyampaikan bahwa kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

“Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi dilingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI,” pungkasnya.(Pen/Red)