Mangupura,Memoterkini.com – Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK pimpin kegiatan Rakor Ops Ketupat AgungTahun 2024 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriyah di Daerah Hukum Polres Badung bertempat di Aula Apel Polres Badung Jl. Kebo Iwa No. 1 Mengwitani Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali. Senin (25/03/2024) pagi pukul 09.10 Witai.

Tampak hadir mendampingi Kapolres Badung Asissten 1 Kabupaten Badung I Nyoman Sujendra, S.Pd., M.M mewakili Bupati Badung dan Wadanramil 03/ Kuta Kapten INF. Suharyono mewakili Dandim 1611 Badung. serta dihadiri oleh PJU Polres Badung, Kapolsek Jajaran Polres Badung. Kaban Kesbangpol Kab. Badung Drs I Nyoman Suendi. Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Badung I Gede Gatot Hariawan, S. H mewakili Kejari Badung, Kasatpol PP Kab. Badung diwakili Kabid Tibum Pol PP Kab. Badung I Wayan Suadi, S.E mewakili. Kepala UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan Badung Gusti Ngurah Made Suarga, S. Sos mewakili Kepala Dishub Kab. Badung. dr. Indira Pudi Asri mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Badung. Kasi Ops PMK Kab. Badung Made Sucita mewakili Kadis PMK Kab. Badung. Perwakilan BPBD Kab. Badung. Perwakilan Jasa Raharja Cab. Denpasar. Sekretaris Kantor Agama Sang Ayu Ratna Sari mewakili Kepala Kantor Agama Kab. Badung. Sekretaris FKUB Ir. I Wayan Sukarya, M. Ag mewakili Ketua FKUB Kab. Badung. Pengurus Harian Bid. Sosial Ekonomi I Made Seniarta mewakili Ketua PHDI Kab. Badung. Ketua MUI Kab. Badung K.H Sholeh Wahid. Pengurus harian bidang sosial ekonomi I Made Seniarta mewakili Ketua PHDI Kab. Badung. Ketua MUI Badung KH Sholeh Wahid dan Sekretaris Umum H. Jaka sujana. Ketua Walubi Pandita Handy Prasetya. Makin Badung P. Hendrawan Wijaya. Bidang Humas MPUK Ev Beni. Kementerian Agama Sang Ayu Ratnasari, dan Perwakilan Keuskupan Kab. Badung.
“Terimakasih untuk para undangan yang telah hadir dalam kegiatan Rakor Ops Ketupat Tahun 2024 di Polres Badung.” Ungkap AKBP Teguh Priyo Wasono mengawali sambutannya
Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono Pimpin Rakor Ops Ketupat Agung 2024

Menurut Kapolres Badung Kegiatan rakor dalam rangka mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif serta menjamin keamanan masyarakat dalam menjalankan Ibadah Puasa dan merayakan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. Datangnya bulan Ramadan akan diikuti dengan kegiatan puasa dan salat tarawih, menjelang Idul Fitri terjadi peningkatan aktivitas masyarakat untuk kegiatan belanja, mudik ke kampung halaman, malam takbiran dan salat Idul Fitri.
“Puncak arus mudik Idul Fitiri 1445 H akan terjadi pada H-2 yaitu Senin, 8 April 2024 dan Kamis, 11 April 2024 sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+2 Jumat, 12 April 2024 dan Sabtu, 13 April 2024.” Imbuhnya.

Perwira dengan dua melati emas dipundak tersebut menjelaskan Kegiatan masyarakat dalam merayakan idul Fitri akan meningkatkan mobilitas manusia menjelang, pada saat maupun setelah Idul Fitri, situasi seperti ini maupun perkiraan cuaca diprediksi dapat menimbulkan berbagai kerawanan kamtibmas dan gangguan di daerah hukum Polres Badungseperti stabilitas harga pangan yang ditandai dengan naiknya kebutuhan pokok dan harga bahan-bahan lainnya, meningkatnya mobiltas masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dengan mudik dan rekreasi, sehingga dapat berdampak terhadap kelangkaan gas elpiji, bbm, antrian kendaraan di spbu, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. meningkatnya kejahatan konvensional seperti, curat, curas, curamor, penipuan, penyalagunaan narkoba dan miras. Aksi Teroris Dengan Memanfaatkan Perayaan Idul Fitri. rawan penyalaan petasan/mercon yang bisa menimbulkan korban jiwa dan kerugian material serta musim penghujan di beberapa wilayah indonesia dan berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, hujan badai, angin kencang/puting beliung maupun tanah longsor.

Berkaitan dengan potensi gangguan tersebut polres badung bersinergi dengan instansi terkait melaksanakan pengamanan Idul Fitri 1445 H dengan mengedepankan kegiatan pencegahan dan didukung deteksi dini secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, sehingga masyarakat dapat merayakan idul fitri 1445 h tahun 2024 dengan rasa aman dan nyaman.
“Dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1445 Η tahun 2024 Polres Badung telah mempersiapkan personel bersinergi dengan instansi terkait, yang akan ditempatkan pada tempat ibadah, tempat-tempat wisata, lokasi sholat Idul Fitri dan lokasi lainnya sebanyak 145 personel di daerah hukum Polres Badung.”Ucapnya, yang dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh masing-masing instansi terkait.
(YT/Niman)