Madiun, Memoterkini com — Lapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Rehabilitasi Pemasyarakatan dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan persiapan program rehabilitasi bagi warga binaan. Rapat ini diadakan di ruang rapat Klinik Lapas, dipimpin oleh Kalapas Kadek Anton Budiharta serta Kabid Pembinaan Budi Ruswanto beserta Petugas Lapas yang menjadi Tim rehabilitasi.

Rapat koordinasi ini menjadi ajang untuk mengevaluasi program-program rehabilitasi yang akan berjalan serta merumuskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk peningkatan lebih lanjut. Beberapa agenda yang dibahas antara lain adalah Penentuan Outcome Program Rehabilitasi, Program Kegiatan Rehabilitasi, Manajemen Pengorganisasian, dan Pelaksanaan Monitoring Evaluasi.

Dalam rapat tersebut, dibahas beberapa poin penting seperti Penentuan Outcome Program Rehabilitasi diantaranya, Terwujudnya Perubahan Perilaku Warga Binaan, Tidak ada WBP yang positif Narkotika, Kamar Hunian sesuai standar, Tidak ada yang melanggar tata tertib, dan peserta Disiplin dalam mengikuti kegiatan.

Dalam sambutannya Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta, menyampaikan pentingnya kerja sama antara berbagai pihak dalam menciptakan program rehabilitasi yang berkelanjutan dan efektif. “Dengan adanya rapat koordinasi ini, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas program rehabilitasi kami sehingga warga binaan dapat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memperbaiki diri dan kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif”.

Kegiatan ini sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono yang berharap dapat terus berinovasi dan mengembangkan program-program yang tidak hanya membantu rehabilitasi narapidana, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat sebagai individu yang bertanggung jawab dan produktif.
(YT/Ar)