Madiun, Memoterkini.com – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar upacara pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan, yang diadakan di lapangan olahraga Lapas Madiun, Jum’at (19/04).

Kegiatan yang diikuti oleh para warga binaan serta petugas Lapas ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kabid Giatja, Toni Aji yang mewakili Kalapas. Dalam sambutannya, mengungkapkan pentingnya kegiatan olahraga sebagai sarana pembinaan fisik dan peningkatan kesehatan hidup warga binaan. “Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan HBP ke-60, Melalui olahraga, kita berharap dapat membangun semangat kerjasama, disiplin, dan meningkatkan imunitas para warga binaan serta tetap junjung tinggi sportifitas bertanding,” ujarnya.

Pekan Olahraga Pemasyarakatan ini menampilkan berbagai cabang olahraga, seperti Futsal, Bola Voli, Tenis Meja, Catur, Gaple dan Bilyard, yang tidak hanya bertujuan untuk merehabilitasi fisik, tetapi juga mental para peserta. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat interaksi sosial antarwarga binaan serta antara warga binaan dengan petugas lapas.

Acara pembukaan pekan olahraga pemasyarakatan dibuka dengan pelepasan balon udara oleh pembina upacara didampingi oleh pejabat eselon III. Pada kegiatan ini dibacakan juga janji wasit dan Atlit dengan tujuan dapat Memimpin dengan rasa tangung jawab dan adil serta para Atlit dapat bertanding dengan sikap sportivitas yang tinggi.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono berharap Acara ini akan memberikan dampak yang bermanfaat bagi pemulihan dan reintegrasi warga binaan ke dalam masyarakat, selaras dengan tema besar Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun ini yaitu “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”.
(YT/Ar)