Madiun, Memoterkini.com – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan serentak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Jum’at (19/04).

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian acara yang diselenggarakan dalam peringatan HPB ke-60 dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para warga binaan. Bertempat di Spot center pemeriksaan dipimpin oleh dokter beserta perawat Lapas serta diikuti oleh warga binaan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengecekan kondisi fisik umum, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan mata, hingga konsultasi kesehatan mental.

Kalapas I Madiun, Kadek Anton Budiharta menyampaikan “Dengan dilaksanakannya kegiatan Pemasyarakatan sehat berharap pemeriksaan Kesehatan ini dapat mengetahui dan mencegah penyakit berbahaya serta memastikan warga binaan mendapatkan hak pelayanan Kesehatan yang layak” ungkap Kadek Anton.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono menyatakan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang diperingati setiap tahun menjadi momen penting untuk merefleksikan dan meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan di Indonesia. Dengan pemeriksaan kesehatan serentak ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif bagi semua warga binaan.
(YT/Ar)