Memoterkini.com, Lampung Selatan – Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Menghadiri Hari Ulang Tahun Himpaudi Ke-18 dengan tema “Menjadi Organisasi Profesi Yang Bermutu Dalam Mewujudkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan AUD Yang Profesional Guna Mencetak Generasi Unggul Melalui Gerakan Swasembada Gizi”. Di Aula Sebuku Rumah Dinas Lampung Selatan. Selasa (05/09/2023).

Hadir dalam Kegiatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, S.Sos., Plt. Kepala Dinas Pendidikan Asep Jamhur, , M.M, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Himpaudi Kabupaten Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi, S.Pd.AUD.,M.Pd, Para Tenaga Pendidik PAUD se-Lampung Selatan.

Hasil pantauan tim IWO Lampung Selatan di lokasi, Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutan nya, Himpaudi memiliki peran penting dan strategis dalam pembentukan generasi yang unggul. Generasi dengan karakter, kreativitas, dan kecerdasan yang mumpuni, tentunya akan menjadi modal penting dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Bupati Lampung Selatan, Hadiri HUT HIMPAUDI Lampung Selatan Yang Ke 18
Foto Bupati Lampung Selatan, Hadiri HUT HIMPAUDI Lampung Selatan Yang Ke 18 (Google Images)

“Saya mengapresiasi peran penting para guru hebat dalam mencetak generasi emas cerdas berkarakter anak-anak pendidikan usia dini. Melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan, HIMPAUDI telah banyak membantu serta berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak kita.” ujar H. Nanang Ermanto.

Beliau pun melanjutkan,”Selaku pimpinan daerah, saya memberikan perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan Lampung Selatan, termasuk pendidikan anak usia dini. Berbagai upaya, inovasi, dan kreativitas sudah kita lakukan, salah satunya adalah Program Gerakan Swasembada Sekolah.” lanjutnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Dimana Tujuan dari Gerakan Swasembada Sekolah adalah menciptakan ekosistem pendidikan yang mampu mendukung proses percepatan pembangunan pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka menterjemahkan strategi Merdeka Belajar dan visi misi Kepala Daerah dalam membangun SDM Lampung Selatan.” jelasnya.

“Mari kita bersinergi bergandeng tangan, bersama-sama membangun generasi bangsa yang hebat dan bermartabat. Dengan menjadikan Himpaudi Kuat, Guru Hebat, Generasi Emas Cerdas Berkarakter. Dengan Satu Visi, Satu Aksi Satu Dedikasi untuk mengembangkan Organisasi yang kuat.” ajaknya.

Diakhir sambutannya Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berpesan dan berharap,”kepada saudara-saudara semua sebagai tenaga pendidik, sebagai guru hebat, berlakulah seperti pelita yang menerangi gulita, seperti air yang menghilangi dahaga, dan tetaplah kuat di dalam kondisi dan situasi sesulit apapun. Semoga Himpaudi terus senantiasa menciptakan generasi yang cerdas, , inovatif, memiliki potensi yang luar biasa, dan semakin sukses serta memberikan kontribusi yang besar bagi pendidikan anak usia dini di Lampung Selatan.” pungkasnya.

Dikesempatan itu, Bunda PAUD Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam sambutannya mengutarakan,”GURU PAUD DAN HIMPAUDI telah terbukti menjadi pahlawan tanpa tanda jasa dalam melahirkan generasi penerus bangsa dengan penuh dedikasi, keahlian, dan kepedulian, dengan mendidik dan mengenalkan Pendidikan dan ilmu pengetahuan sejak usia dini.” ujarnya.

Bupati Lampung Selatan, Hadiri HUT HIMPAUDI Lampung Selatan Yang Ke 18
Foto Bupati Lampung Selatan, Hadiri HUT HIMPAUDI Lampung Selatan Yang Ke 18 (Google Images)

Hj. Winarni Nanang Ermanto juga melanjutkan, Guru Paud tidak hanya seorang tenaga pendidik, tetapi juga penasehat, pendidik, sahabat dan ibu bagi masyarakat yang setia mendampingi anak-anak usia dini dan keluarga.

“Melalui pelayanan yang holistik dan profesional, para guru PAUD berkontribusi secara nyata dalam memastikan anak-anak PAUD menjadi anak-anak yeng mampu mengenal pengetahuan, memiliki tata krama dan kesopanan. Karena Guru paud tidak hanya mengajarkan tentang pengetahuan saja, tetapi tentang budi pekerti di dalamnya.” jelas Bunda Paud Lampung Selatan.

Perlu diketahui, Program Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya dalam memastikan generasi Lampung Selatan menjadi unggul,sehat berdaya saing, , inovatif dan berkepribadian dalam rangka menuju Emas 2045 dan bonus demografi yang akan kita hadapi Bersama di tahun 2030.

Diakhir sambutannya, Bunda PAUD juga mengajak HIMPAUDI Lampung Selatan untuk dapat mengkampanyekan kepada masyarakat, Pendidikan harus selalu menjadi topik pembicaraan dalam keluarga, agar gairah dan kesungguhan dalam meningkatkan Pendidikan di lingkungan keluarga dapat tumbuh dan mendapatkan dukungan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam dan dari pemerintah kepada Bunda Paud yang berprestasi.(tim IWO-I Lamsel/susimah)