Memoterkini.com, Lampung Selatan – Dua kepala desa terpilih pada PIlkades Serentak Gelombang II di Kecamatan Tanjung Sari, resmi dilantik oleh Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto di Lapangan Sepakbola Desa Wawasan, pada Rabu (6/9/2023) siang. Pelantikan tersebut disatukan dengan serahterima jabatan Pj. Kades lama ke Kades definitif dan Ketua TP-PKK Desa.

Adapun kepala desa terpilih yakni Kades Wawasan Sutoyo Wali Jati dan Kades Bangun Sari Poniran disaksikan oleh Sekdakab Lamsel, Thamrin, anggota Forkopimda Lampung Selatan, para Kepala OPD Kabupaten Lampung Selatan, Camat Tanjung Sari, M. Dicky Cherlanda, S.I.P.,M.I.P, Ketua TP-PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni.

Kades Wawasan dan Bangun Sari Terpilih, Resmi Dilantik Bupati Lampung Selatan
Foto Kades Wawasan dan Bangun Sari Terpilih, Resmi Dilantik Bupati Lampung Selatan (Google Images)

Selain itu, hadir juga Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, Forkopimcam Tanjung Sari, Kepala Desa terpilih dan Ketua TP PKK Desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.

Dalam sambutannya Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengucapkan selamat kepada kedua Kepala Desa terpilih yang telah resmi dilantik dan sah menjabat sebagai Kades setelah menerima penyematan tanda jabatan (jengkol).

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, saya mengucapkan selamat kepada saudara Poniran sebagai Kepala Desa Bangun Sari, dan saudara Sutoyo Wali Jati sebagai Kepala Desa Wawasan, serta Ketua TP. PKK kedua Desa yang pada kesempatan ini juga turut di lantik oleh Ketua TP. PKK Kecamatan dan disaksikan oleh ketua TP. PKK Kabupaten Lampung Selatan. Ibu Hj. Winarni Nanang Ermanto, ” Kata Nanang Ermanto.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kades terpilih diharapkan mampu menjalankan amanah dengan sebaik mungkin. Dan bisa menjadi pengayom sekaligus bisa berkolaborasi untuk memajukan desanya dengan inovasi serta menjaga kerukunan dan persatuan.

“Saya harap saudara berdua mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Jadilah pemimpin yang dapat mengayomi masyarakat. Ciptakan kebersamaan, kolaborasi dan budaya , serta jadikanlah perbedaan dan keberagaman yang ada sebagai sebuah kekuatan dalam memajukan desa yang saudara pimpin, “harapnya

Selanjutnya, Nanang Ermanto pun mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa, serta Ketua TP- PKK Desa yang lama atas pengabdian dan jasanya selama memimpin.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa, dedikasi, dan pengabdiannya selama memimpin di desanya masing-masing. Semoga pengabdian saudara-saudara selama ini menjadi catatan sejarah yang baik, sehingga karya saudara akan diingat dan dikenang selamanya oleh masyarakat, ” Ucapnya.

Dirinya mengapresiasi kepada semua pihak atas penyelenggaraan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang Kedua pada 31 Agustus Tahun 2023 telah berakhir dengan sukses, lancar, dan kondusif, sehingga dalam proses pemilihan tersebut menghasilkan 42 Kepala Desa terpilih dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk itu, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terutama bagi TNI-, Pol. PP serta seluruh elemen masyarakat yang telah menjaga kondisi keamanan selama berlangsung proses pemilihan Kepala Desa, “Ujarnya.

Masih dikatakan Nanang Ermanto, melalui prosesi pelantikan ini dirinya minta kepada kedua Kades yang dilantik untuk memberikan pelayanan terbaik (Service Excellent) bagi warga masyarakat di Desanya masing-masing. Jadikan ini sebagai titik tolak perjuangan, pengorbanan dan kerja keras dalam rangka membangun Desanya.

Kades Wawasan dan Bangun Sari Terpilih, Resmi Dilantik Bupati Lampung Selatan
Foto Kades Wawasan dan Bangun Sari Terpilih, Resmi Dilantik Bupati Lampung Selatan (Google Images)

Termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan, saudara diharapkan dapat meningkatkan partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan. Berdayakan seluruh elemen masyarakat agar tumbuh rasa memiliki dan tanggungjawab yang sama dalam memajukan desa.

“Saya berpesan kepada saudara berdua, agar bekerja dengan hati-hati, jangan sampai tergelincir atau melakukan kesalahan yang fatal. Baca, pahami, dan laksanakan seluruh ketentuan yang mengatur tentang penyelenggaraan pemerintahan Desa, baik aspek manajerial, tata kelola , tata kelola aset, dan hal administratif lainnya, ” pesannya.

Dirinya mengingatkan hal penting, yakni untuk menjauhi segala tindakkan yang dapat merugikan Desa dan mencederai kepercayaan masyarakat, seperti korupsi. Jangan permalukan diri saudara dan keluarga dengan melanggar hukum dan tindakkan tercela lainnya.

Selaras dengan upaya memajukan Kabupaten Lampung Selatan melalui berbagai program unggulan, seperti Swasembada Rumahku, Swasembada Sekolah, dan Desa Wisata agar kiranya saudara dapat berperan aktif didalamnya. rumah warga yang layak mendapat bedah rumah, warga yang putus sekolah, serta gali potensi desa.

“Saya minta para kades ini dapat mengenali dan memahami betul setiap persoalan yang ada di desanya, selain mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki desa. Manfaatkan dan kelola potensi desa menjadi produk unggulan desa. Kepala Desa harus memiliki inovasi untuk meningkatkan pemanfaatan potensi desa, baik itu di sektor , Pariwisata, Pertanian dan sektor lainnya, ” terangnya.

Sambung Nanang Ermanto menyampaikan Saudara-saudara perlu mengetahui dan ini dapat menjadi contoh baik bagi desa lainnya, bahwa Desa Klawi di Kecamatan Bakauheni telah mengharumkan Lampung Selatan di tingkat nasional. Desa Klawi berhasil meraih Juara II Tingkat Nasional Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023, katagori Desa Wisata Maju. Dan sekaligus mendapatkan penghargaan Rekor Muri sebagai Desa Wisata Pertama yang memiliki Varietas Buah Alpukat.

Diakhir sambutannya, Nanang Ermanto menghimbau kepada kedua Kades terpilih dan seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kondusifitas desanya dan jangan mudah terprovokasi, jangan terpecah belah, terlebih saat ini kita sudah memasuki Tahun Politik. Mari kita bersama-sama mensukseskan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Sekali lagi saya mengharapkan agar kiranya Saudara Kepala Desa yang baru dilantik dapat optimal melaksanakan tugasnya, dan senantiasa meningkatkan pelayanan publik sebagai tujuan utama pengabdian kepada masyarakat, ” pungkasnya.
(Tim IWO-I Lamsel/Susimah)