| MemoTerkini.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten menggelar paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 Kabupaten Tahun 2023, yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD setempat, Selasa (14/11/2023).

Hasil pantauan tim IWO Lamsel, rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD H. Hendry Rosyadi. Hadir mewakili Gubernur Lampung, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung, H. Nanang Ermanto, jajaran Forkopimda , Sekdakab Thamrin beserta jajaran Kepala Daerah dan tokoh adat Saibatin Lima Marga.

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin serta beberapa tamu undangan lainnya.

Bupati Lampung Selatan Hadiri Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Lampung Selatan

Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten ke-67 tahun, diawali dengan pengantar pimpinan rapat oleh Ketua DPRD H. Hendry Rosyadi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan uraian singkat mengenai sejarah terbentuknya Kabupaten .

“Melalui momentum hari jadi diharapkan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan semnagat pengabdian kita untuk meningkatkan Kabupaten yang maju dan berdaya saing,” ujar Hendry Rosyadi.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sementara itu, dalam sambutannya, H. Nanang Ermanto mengatakan, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tahun ini mengambil Tema “Membangun Sinergi, Mewujudkan Sejahtera”.

“Dengan mengusung tema tersebut, kita semua berharap Kabupaten yang kita cintai ini, akan terus tetap optimis dan selalu bertekad untuk maju, berkarya demi mewujudkan masyarakat yang Berintegritas, Maju dan Sejahtera Dengan Semangat ,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, peringatan Hari Jadi Kabupaten juga menjadi wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama perjalanan kurun waktu Tahun 2023.

“Oleh karena itu, Semua keberhasilan yang telah diperoleh akan terus dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan program-program daerah yang belum dicapai, akan menjadi sumber inspirasi bagi kami untuk terus bersama-sama bekerja keras mewujudkan pencapaiannya,” sebutnya.

Bupati Lampung Selatan Hadiri Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Lampung Selatan

juga menyampaikan,”bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita di Tahun 2022 meningkat menjadi 69,00 poin dan ditargetkan sampai dengan Tahun 2024 menjadi 70,42 poin dengan kategori “Tinggi”,”ujarnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten , seperti Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Penjaminan Biaya Kesehatan, Beasiswa bagi pelajar, Sosial dan Pelayanan KB Gratis. Salah satunya Gerakan Sehari Seribu () Inovasi H. Nanang Ermanto dan Program Swasembada Rumahku menjadi sangat efektif membantu menurunkan jumlah RTLH dan merupakan salah satu inovasi daerah dalam rangka penanganan RTLH di Kabupaten .

Dalam kesempatan itu, H. Nanang Ermanto menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi serta komitmen karena Pemerintah daerah Kabupaten tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut jika tidak mendapatkan dukungan dari semua pihak.

“Dari hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten , semoga berbagai capaian positif hasil pembangunan tersebut, Insya Allah dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh masyarakat ,” pungkasnya.

Perlu diketahui, berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh Kabupaten baik penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi serta program pembangunan Kabupaten dalam rentang waktu tahun 2021 hingga 2023.

1. Bidang Kemasyarakatan dan Pemberdayaan adalah diperolehnya penghargaan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik .
Tahun 2021 predikat Pratama.
Tahun 2022 Predikat Madya.
Tahun 2023 Predikat Nindya.

2.Dari Sektor Kesehatan, Kabupaten , bulan Mei Tahun 2022 telah berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC), yaitu Sistem Penjaminan Kesehatan untuk semua orang, dimana sebanyak 1.023.968 (Satu Juta Dua Puluh Tiga Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Delapan) Jiwa, atau 100% Penduduk telah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Lampung pada Tahun 2022 yang telah mencapai UHC. Yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, disaksikan langsung oleh Wakil Ma'ruf Amin pada UHC Award 2023.

3.Pemerintah Kabupaten dalam hal Percepatan Penanganan telah mendapatkan apresiasi dari Bappenas.

4.penghargaan IKWI Award sebagai Perempuan Inspiratif dalam Penanganan untuk Duta Swasembada Gizi Kabupaten .

5.Capaian kinerja dalam Penanganan Prevalensi , Kabupaten ditetapkan menjadi Kabupaten paling inovatif se-Provinsi Lampung, dan menjadi yang terbaik ke-II dalam aksi konvergensi Percepatan Penurun Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, serta masuk 3 Besar Nasional dalam keberhasilan penurunan .

6.Meraih Penghargaan sebagai Kabupaten Katagori Utama Dalam Sinergitas Intervensi Gerakan Penurunan atau Siger Tahun 2023.

7.Keberhasilan Pemerintah Daerah dalam pembangunan sektor pariwisata telah memperoleh beberapa penghargaan, yaitu Penghargaan Inovasi Gerot Wisata (Gebrak Terpadu Menuju Wisata Unggulan), dari Tribun Lampung pada acara Tribun In Collaboration 2023.

8.Penghargaan Sebagai Juara II Tingkat Nasional Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 Katagori Desa Wisata Maju, sekaligus memperoleh Penghargaan Rekor Muri kepada Desa Wisata Klawi sebagai Desa Wisata Pertama Yang Memiliki Varietas Buah Alpukat. Kedua Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan RI, Sandiaga Uno disaksikan oleh Ketua Umum MuseumRekor Dunia (MURI) Jaya Suprana pada Acara ADWI di TMII Jakarta 2023.

9.Penghargaan deri Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung, yaitu Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Katagori Kinerja Pengelola DAK Fisik Tahun 2022 terbaik Kedua se-Provinsi Lampung.

10.Piagam Penghargaan Anugerah Reksa Bandha Terbaik Ketiga Katagori Kaloborasi Penilaian Barang Milik Daerah Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Wilayah Lampung dan Bengkulu.

11.Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Rua Jurai, sebagai Kabupaten Terbaik Katagori Perencanaan Pembangunan Inklusif dan Berkelanjutan Tahun 2023, dari Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi.

12.Penghargaan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (), yang diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung, Atas Laporan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022, dan merupakan yang ke-7 secara berturut-turut dari 2016-2022.

13.Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik Atas Ketepatan Pengiriman Gaji se-Wilayah Provinsi Lampung Catur Wulan I Tahun 2023. (tim iwoi Lamsel/HPW)