Magelang,memoterkini – 17 November 2023 – 382 Taruna/ Taruni Akademi Militer dalam rangka persiapan latihan Praja Bakti TP 2023/2024, para Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar akan melaksanakan latihan di wilayah Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini diawali dengan acara pembekalan yang diadakan di Gedung Moch. Lily Rochli, yang diselenggarakan pada Jum'at, 17 November 2023.

Acara pembekalan dihadiri oleh Danmentar Akademi Militer, Brigjen TNI Dwi Sasongko, , M.H., bersama para pejabat Distribusi Akademi Militer menerima Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Boyolali, Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, dan Boyolali AKBP. Petrus Parningotan Silalahi, , S.I.K., M.H.

Para penceramah, yang terdiri dari Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Boyolali, Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, dan Boyolali AKBP. Petrus Parningotan Silalahi, , S.I.K., M.H., memberikan materi yang mencakup Filosofi Kota Boyolali, Adat Istiadat, Kependudukan, Geografi dan Tata Kota, serta kondisi sosial lingkungan daerah Kabupaten Boyolali. Materi ini diharapkan dapat mendukung kelancaran kegiatan latihan Praja Bakti Taruna tingkat II/Sertar Akademi Militer TP 2023/2024.

Dalam sambutannya, Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo menjelaskan bahwa latihan Praja Bakti akan melibatkan sasaran fisik dan non-fisik. Kegiatan ini mencakup praktik Bakti TNI (Karya Bakti), Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil), dan Komunikasi Sosial (Komsos).

Danmentar Akmil, Brigjen TNI Dwi Sasongko, , M.H., menyampaikan bahwa latihan Praja Bakti TP 2023/2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 25 November 2023 di wilayah Kabupaten Boyolali. Latihan ini merupakan bagian dari tahapan latihan bertahap dan bertingkat, sebagai kegiatan praktik untuk mengaplikasikan pengetahuan Pembinaan Teritorial (Binter). Latihan ini melibatkan keterlibatan unsur pemerintah dan masyarakat secara optimal, dengan tujuan agar hasilnya dapat dirasakan dalam membantu kesulitan masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Boyolali.

Semua pihak berharap bahwa melalui latihan Praja Bakti ini, para Taruna Akmil dapat memberikan kontribusi positif dan nyata bagi masyarakat serta memperkuat keterlibatan TNI dalam pembangunan daerah.(Pen/red)

Scroll Untuk Lanjut Membaca