Barito Utara — Komandan Kodim 1013/Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo S.H M.IP., menghadiri Upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke 75 Tahun 2023, Bertempat Di Halaman Barito Utara Jl. A. Yani Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Selasa(19/12/2023).

Bertindak selaku Inspektur upacara Pj. Barito Utara Drs. Muhlis, Komandan upacara Pasiter Kodim 1013/Mtw Lettu Czi A. Munir, Perwira Upacara Kapten Kapten Inf Mufit A dan yang bertindak sebagai pembaca Doa Kemenag Barito Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Barito Utara Drs. Muhlis, Pj. Sekda Barito Utara Drs. Jupriansyah, M.AP, Ketua DPRD Barito Utara Ir. Hj. Merry Rukaini, M.IP, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo, , M.IP., Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara Diwakili, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh Mulyadi LC.,M.H.I, Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh Diwakili, Staf Ahli Dan Asisten Sekda Barito Utara, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Barito Utara.

Dalam amanatnya RI Joko Widodo yang dibacakan Pj. Barito Utara Drs. Muhlis mengatakan, Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi maju yang kita cita-citakan. Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi , hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik . Bela Negara di bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara. Pads peringatan Hari Bela Negara Ke 75 tahun 2023 ini, Saya mengajak masyarakat untuk mengobarkan semangat Bela Negra dan meningkatkan rasa cinta tanah air Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin. Semangat Hari Bela Negara Ke-75 “Kobarkan Bela Negara untuk Maju.” tutupnya .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sementara itu, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo, , M.IP., saat ditemui selepas Kegiatan meyebutkan, kelangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah totalitas dari seluruh kekuatan rakyat. Dengan kekuatan rakyat semesta maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala ancaman dan tantangan.

Itulah esensi dari pertahan rakyat semesta yang terbukti dalam sejarah yang membuat Republik ini berdiri tegak, mari kita bersama kita saling mengingatkan bahwa tugas sejarah kita adalah membela negara ini dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

Tugas Bela Negara ini adalah tugas yang maha berat yang ada didepan mata kita saat ini.tapi dengan semangat persatuan, kerja keras dan perjuangan kita bersama, tugas sejarah ini bisa kita pikul bersama, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan kepada kita semua dalam setiap upaya pengabdian terbaik kita kepada bangsa dan negara, Pungkas Dandim.

(Pendim 1013/Mtw)