Bojonegoro,memoterkini – Bersama masyarakat dari berbagai elemen, jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0813 Bojonegoro melaksanakan kegiatan karya bakti penanaman 2000 bibit pohon penghijauan jenis johar dan sengon dikawasan Bendung Gerak Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (8/12/2023).

Gerakan penanaman pohon juga dilakukan di kanan – kiri jalan poros Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem, ada 235 bibit pohon terdiri dari glodokan tiang, pule dan mangga ditanam dalam kegiatan itu. Sementara diwilayah Kecamatan Gondang tepatnya di bukit Surolati Desa Gondang, juga dilakukan penanaman 800 pohon alpukat. Kegiatam karya bakti ini melibatkan jajaran TNI-, Forkopimcam, BPBD, Dishub, Damkar, Satpol PP, Pemdes, Linmas, relawan dan masyarakat setempat.

Hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan bahwa penanaman pohon penghijauan tersebut merupakan rangkaian kegiatan karya bakti yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Babinsa Koramil jajaranya bersama elemen masyarakat.

Karya bakti serentak pembersihan lingkungan pasar tradisional, penataan sungai/selokan dan tanam pohon tersebut merupakan program dari KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh jajaran Kodim seluruh . Tujuan kegiatan ini, merupakan bagian dari pembinaan lingkungan oleh Satuan Komando Kewilayahan dalam berpartisipasi menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan karya bakti tersebut bisa menyadarkan dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kepedulian akan pentingya kebersihan lingkungan serta kelestarian alam.

Selain untuk kebersihan lingkungan, dan upaya mencegah penyakit yang ditimbulkan nyamuk di musim penghujan, rangkaian kegiatan karya bakti penghijauan dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian alam, meningkatkan oksigen untuk kehidupan sehari-hari.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Kegiatan ini sebagai upaya bersama masyarakat dan Stakeholder yang ada untuk bersama-sama mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor yang kemungkinan terjadi disaat musim penghujan. ” kata Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Kasi Trantib Kecamatan Kalitidu, Agus Ali, menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan penuh atas penyelenggaraan program karya bakti dari bapak KASAD yang dilaksanakan di seluruh khususnya di Ngringinrejo Kalitidu. Kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk sinergitas yang selama sudah berjalan dan terbina dengan baik.

“Sehingga dengan adanya kegiatan karya bakti tersebut diharapkan bisa memberikan contoh dan memotivasi masyarakat bahwa bencana, kebersihan lingkungan, kelestarian alam adalah tanggungjawab kita bersama, dan kedepanya semoga kegiatan ini dapat meningkat lagi,” pungkasnya.(Pen/Red)