memoteekini.com, Lampung Selatan – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan melalui Puskesmas kalianda dan dinas kesehatan bidang P2PTM, mengadakan kegiatan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (DDFR PTM) di beberapa institusi, salah satunya dinas BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (13/09/2023).

Penyakit Tidak Menular (PTM) sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu, upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya.

KUPT Puskesmas Kalianda Ns. Meti Asmira S.Kep, mengatakan, salah satu cara mencegah dan mengendalikan PTM adalah dengan melakukan DDFR PTM. Dengan mendeteksi sedini mungkin faktor resiko PTM, maka kecenderungan seseorang untuk mengalami PTM akan dapat dicegah dan perilaku yang beresiko terhadap PTM juga dapat dikendalikan.

”Tujuannya untuk mendekteksi dini penyakit tidak menular pada pegawai di seluruh OPD Pemda Lampung Selatan yang dilakukan 1 tahun sekali. Hasil yg didapatkan dari seluruh pegawai didapatkan kesimpulan sehat, faktor resiko dan sakit,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau, untuk yg sakit hipertensi, diabetes melitus kita sarankan untuk berobat teratur ke puskesmas terdekat. Agar semua pegawai yang berada di seluruh OPD selalu sehat di usia produktif dan yang beresiko diupayakan agar kondisi faktor risiko penyakit tidak menularnya dapat normal kembali. (tim IWOI Lamsel/susimah)

Scroll Untuk Lanjut Membaca