Gresik – Memoterkini.com

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Selain itu, Gemar Makan Ikan juga sebagai salah satu upaya membantu menurunkan angka stunting. Karena dinilai kaya protein dan tinggi omega 3 serta DHA, kandungan didalam ikan sangat bagus untuk proses proses daya tumbuh kembang anak.

Hal inilah yang mendasari Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) berkolaborasi dengan Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Hj. Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani (Ning Nurul) untuk menggencarkan kampanye makan ikan.

Tepat di momentum Hari Anak Nasional (HAN) Gus Yani dan Ning Nurul mengajak ratusan anak PAUD dan TK untuk makan ikan bersama. Makan ikan secara massal itu diadakan di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Rabu 26/07/2023.

Tak hanya itu, Gus Yani dan Ning Nurul juga memberikan mendorong para bunda yang mendampingi anak-anaknya yang ikut gerakan makan ikan massal. Mereka diberi pemahaman bahwa makan ikan merupakan hal yang sangat berguna terutama bagi pertumbuhan dan juga kecerdasan seorang anak.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Saya harapkan OPD terkait semakin sering mengkampanyekan Gerakan Makan Ikan yang menjangkau kalangan anak-anak di semua kecamatan secara masif. Diharapkan anak-anak mendapatkan asupan makanan berupa ikan yang cukup,” kata Gus Yani.

Pada akhirnya, lanjut Gus Yani, akan membentuk generasi muda Kabupaten Gresik yang sehat kuat dan cerdas karena adanya omega 3, 6 dan 9 yang dikandung ikan.(Eric’z)