BOJONEGORO,Memoterkini.com – Dalam rangka memelihara kemampuan fisik para prajurit, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro menyelenggarakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I tahun 2023 di Markas Kodim setempat.

Gelar Garjas Periodik, Kodim Bojonegoro cek Kemampuan Fisik Prajuritnya
Foto Gelar Garjas Periodik, Kodim Bojonegoro cek Kemampuan Fisik Prajuritnya (Google Images)

Tes kesegaran jasmani yang berlangsung mulai tanggal 25 sampai dengan 26 merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek kemampuan fisik prajurit, khususnya anggota Kodim 0813 Bojonegoro guna mendukung tugas pokok.

Adapun yang diujikan dalam kesegaran jasmani ini diantaranya adalah Samapta “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit di track lari Lapangan SMAN 2 Bojonegoro, dan Samapta “B” yakni Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run. Usai melaksanakan kesemaptaan A dan B, para prajurit melanjutkan uji ketangkasan renang dasar dengan jarak 50 meter gaya dada.

Gelar Garjas Periodik, Kodim Bojonegoro cek Kemampuan Fisik Prajuritnya
Foto Gelar Garjas Periodik, Kodim Bojonegoro cek Kemampuan Fisik Prajuritnya (Google Images)

Sebelum melaksanakan kesegaran jasmani, seluruh peserta mengikuti pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan dari Polkes 05.09.14 Kodim 0813 Bojonegoro yaitu pengecekan tensi dan denyut nadi, guna memastikan bahwa seluruh peserta siap melaksanakan Garjas.

Setelah semua tahapan dilakukan, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan senam peregangan dan pemanasan, tujuanya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan Garjas.

Koordinator kegiatan, Kapten Kav Rochim Sriwahyu Utomo, Kamis (25/5/2023), berharap, dalam pelaksanaan kesegaran jasmani tersebut agar para prajurit melaksanakannya dengan maksimal, serius dan penuh semangat. Disamping itu, tetap mengutamakan faktor keamanan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Ikuti semua yang di instruksikan oleh tim penguji, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan. Harapanya, kegiatan Garjas ini berjalan tertib, lancar dan aman, dan tentunya dengan hasil yang maksimal,” pungkasnya.(mt)