Boyolali, 20 November 2023 – Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, , memimpin Upacara Pembukaan Latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar TP 2023/2024 di Alun-Alun Kabupaten Boyolali pada Senin (20/11/2023). Acara tersebut dihadiri oleh para Pejabat Forkopimda Kabupaten Boyolali, Pejabat Distribusi Akademi Militer, tokoh masyarakat, pelatih, dan pengasuh Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat II/Sertar.

Dalam amanatnya, Gubernur Akademi Militer menekankan fungsi utama TNI, khususnya melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik . Latihan Praja Bakti yang berlangsung mulai tanggal 20 hingga 25 November 2023 di wilayah Kabupaten Boyolali merupakan implementasi dari nilai-nilai Pembinaan Teritorial TNI.

Gubernur Akademi Militer berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi Taruna/Taruni, terutama dalam mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah masyarakat. Hal ini diharapkan dapat diterapkan dalam penugasan di satuan jajaran TNI AD.

“Gelaran Latihan Praja Bakti ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan ilmu dan ketrampilan Taruna/Taruni. Mereka diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan teritorial di tengah masyarakat sebagai persiapan untuk penugasan di satuan jajaran TNI AD,” tegas Gubernur Akademi Militer.

Selain itu, Gubernur Akademi Militer mengajak para Taruna/Taruni untuk tetap mencapai sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga, meskipun waktu pelaksanaan latihan terbatas. Dengan menekankan pentingnya mengikuti setiap petunjuk dan arahan para pengasuh dengan sungguh-sungguh.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Akademi Militer juga menyampaikan harapannya kepada Boyolali, Bapak Mohammad Said Hidayat, agar memberikan bimbingan, arahan, dan dukungan kepada para Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat II/Sertar sebagai peserta latihan Praja Bakti.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Di akhir amanatnya, Gubernur Akademi Militer menyampaikan, “SELAMAT BERLATIH” sambil berharap agar Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada seluruh peserta latihan dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta.(Pen/red)