Bojonegoro,memoterkini – Memasuki musim penghujan, dan upaya mengantisipasi timbulnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Dander Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Benny Ardy, turut membantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melaksanakan kegiatan Fogging di pemukiman warga Dusun Bogo Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander, Sabtu (2/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini Bhabinkamtibmas Polsek Dander, tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, perangkat desa serta petugas dari Puskesmas Ngumpakdalem dan Puskesmas Dander.

Pada kesempatan itu Serda Benny Ardhy, mengatakan bahwa kegiatan fogging atau pengasapan dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian faktor penyebab penyakit DBD. Kegiatan tersebut menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisikan insektisida, dan insektisida inilah yang kemudian akan bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab menyebarnya penyakit DBD.

“Pengasapan ini kita lakukan untuk mencegah terjadinya wabah demam berdarah, dengan menyisir rumah-rumah warga terutama dilingkungan-lingkungan yang ada genangan air yang bisa berpotensi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti penyebab DBD,” ucapnya.

Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, menurut Serda Benny Ardhy, banyak genangan air dilingkungan warga, di khawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti sehingga dilakukan fogging dalam rangka mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk penyebar penyakit demam berdarah.

“Kami juga menghimbau kepada warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, utamanya mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk dengan cara melalukan 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur, sehingga lingkungan menjadi bersih dan wargapun sehat,” pungkasnya.(Pen/Red)

Scroll Untuk Lanjut Membaca