memoterkini.com, Lampung Selatan – Sarana prasarana dan alat kesehatan menjadi komponen utama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, maka ini menjadi fokus perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan melalui Seksi Fasilitas dan Alat Kesehatan menggelar pertemuan Sarana Prasaran dan Alat Kesehatan di Aula pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan. Kamis (14/09/2023).

Perlu diketahui, ASPAK ( Sarana Prasarana, dan Peralatan Kesehatan) adalah merupakan sistem informasi sarana, prasarana (sarpras) dan peralatan kesehatan berbasis web based dan on-line.

Saat dikonfirmasi oleh tim IWO Lamsel, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Devi Arminanto, SKM.,MM mengatakan,”tujuan kegiatan pertemuan Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan atau disingkat ASPAK tersebut diantaranya, untuk pemetaan sarana prasarana dan peralatan kesehatan di Kabupaten Lampung Selatan”,ujarnya

“Selain itu untuk mendapatkan sarana prasrana serta peralatan kesehatan di RSUD dan Puskesmas, sebagai bahan dasar untuk pengambilan kebijakan keputusan. Disamping itu, untuk peningkatan kapabilitas petugas pengelolaan pemeliharaan peralatan kesehatan,” papar Devi Arminanto

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ia pun melanjutkan,”Untuk meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan yang evidence based, yang dapat dijangkau diseluruh , maka diperlukan sistem dan infrastruktur informasi handal,” lanjutnya.

Dengan ASPAK kata Devi Arminanto, memungkinkan sarana pelayanan ksehatan, khususnya rumah sakit milik pemerintah dan Puskesmas, dapat menyimpan sarana prasarana secara langsung di server ASPAK.

“Sehingga monitoring peralatan kesehatan dapat dengan cepat dilakukan,” pungkas Devi Arminanto, SKM.,MM (tim iwoi Lamsel/susimah)