Jakarta,Memoterkini.com – Komitmen Babinkum TNI untuk meningkatkan profesionalisme khususnya di bidang profesi hukum secara optimal dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI akan membawa konsekuensi peningkatan kinerja dan beban tugas yang semakin besar serta kompleks.

Demikian amanat Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI (Kababinkum TNI) Laksda TNI Kresno Buntoro, , LL.M., PH.D. yang dibacakan Wakababinkum TNI Brigjen TNI Dr. Rokhmat, , C.N., M.Kn. saat menutup acara “Bimbingan Teknis Penanganan Tindak Pidana Pemilu Tahun Anggaran 2023,” bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta secara tatap muka dan 220 melalui daring, berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 12 sampai dengan 13 September 2023.

Kababinkum TNI menyampaikan bahwa penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini selain memberikan bekal pengetahuan yang berguna bagi para perwira untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang profesi hukum dan untuk membentuk seorang aparat penegak hukum menjadi lebih memahami teknik dan pengetahuan akademik yang berkaitan dengan penanganan perkara tindak pidana Pemilu.

Kababinkum TNI mengingatkan dan menegaskan kembali bahwa penguasaan dan kemampuan dibidang hukum bagi seorang perwira hukum sangat penting sebagai modal utama yang harus dipelihara dan ditingkatkan serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas diri.

“Hal terpenting yang senantiasa harus dipegang teguh oleh para perwira sekalian adalah konsistensi untuk menumbuhkembangkan etos kerja, loyalitas dan disiplin tinggi yang dilandasi komitmen moral dan etika keprajuritan yang mantap dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari kesiapan diri untuk peningkatan kinerja di satuan masing-masing,” jelasnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kababinkum TNI menuturkan, sekembalinya ke satuan masing-masing agar semua bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti Bimtek ini dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya disatuan masing-masing. “Kepada para Perwira yang telah selesai mengikuti Bimtek ini, agar berusaha menerapkan ilmu yang telah diperoleh guna meningkatkan dedikasi, loyalitas dan integritas moral untuk menghadapi tugas-tugas TNI di masa yang akan datang,” harapnya.(Pen/red)