SIDING,KALBAR,Memoterkini.com – Melestarikan Budaya Adat Istiadat merupakan salah satu kewajiban TNI dalam pembinaan teritorial selama Satgas Pamtas RI-MLY dilaksanakan salah satunya di desa Siding, Kab. Bengkayang, Kalbar. (Jum'at, 9 Juni 2023)

Pos Gabma Jagoi Babang yang dipimpin oleh Serka Andri Mulyo dalam melestarikan budaya adat Istiadat diperbatasan RI dengan membersihkan dan pembenahan rumah adat dayak.

Dengan adanya kegiatan ini bertujuan akan dilaksanakan Acara “Nyobeng International Dayak Bidayuh Festival 2023, yang Bertemakan DARI KAYAU – MENUJU DAMAI” pada tanggal 14 – 16 Juni 2023 yang diselenggarakan di Rumah adat Baluk Sebujit Desa HLI Buei kec. Siding, Kalbar.

Dalam pembersihan dan pembenahan rumah adat baluk ini dihadiri oleh TNI, TDM (Tentara Diraja Malaysia), , Forkopimda, tokoh masyarakat dan warga sekitar. Warga sangat berantusias dengan adanya dari berbagai instansi dalam menyambut acara tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada instansi yg terkait baik TNI, TDM, , Forkopimda, tokoh masyarakat, dan warga sekitar dalam pembersihan dan merenovasi Rumah Adat Baluk yang kami cintai ini semua bergotong royong, saya bangga atas antusias yang diberikan kepada rumah adat kami, saya harap silaturahmi tetap terjaga aman di daerah kami ” ujar Debit S.H sebagai tokoh masyarakat di Kec. Siding tersebut.

Diharapkan dengan sinergitas berbagai instansi dapat di pelihara sebaik mungkin untuk menciptakan suasana damai dan tenteram di daerah perbatasan negeri ini.(*)

Scroll Untuk Lanjut Membaca